Perbandingan VGA NVIDIA Terbaik,NVIDIA GeForce GTX 660



Tes Perbandingan GeForce GTX 660 Ti: VGA NVIDIA Terbaik di Kelas 3 Jutaan

Kesimpulan

Apabila Anda sudah membaca review GTX 660 Ti kami sebelumnya, tentu Anda sudah tidak meragukan lagi kemampuan dari graphics card mainstream “SweetSpot” dari NVIDIA yang satu ini. Walaupun penantian yang dirasakan memang cukup lama antara jeda dari perilisan graphics card kelas high end GTX 680 dan GTX 670 sebelumnya, semuanya itu terbayarkan, dan NVIDIA sama sekali tidak mengecewakan para penggunanya saat GTX 660 Ti ini dirilis ke pasaran dengan menawarkan produk yang sangat pantas untuk dimiliki. Kami dapat mengatakan ini bagi para gamer yang sedang menunggu graphics card terbaik di tahun 2012 ini, “Penantian telah usai!”. Kini saatnya untuk memilih GTX 660 Ti yang sudah tersedia di pasaran! Produk manakah yang terbaik? Graphics card manakah yang terkencang? Brand manakah yang dapat menawarkan value price performance ratio terbaik?
Seluruh graphics card GTX 660 Ti yang datang untuk diujikan di “dapur” JagatReview, pada dasarnya adalah graphics card yang sama, masih berbasiskan GPU GK104 yang sama, arsitektur yang sama, dan memiliki performa yang tidak jauh berbeda. Perbedaan performa dapat terjadi karena faktor penggunaan base clock, memory, dan boost clock yang bervariasi (Pre-OC) pada tiap peserta pengujian tes perbandingan ini. Perbedaan performa dapat terlihat dengan selisih margin berkisar dari 1% hingga 10% bervariasi pada tiap pengujian. Oleh karena perbedaan yang sangat tipis ini maka kami cukup berhati-hati dalam melakukan pengujian dan melakukan pengulangan beberapa kali agar skor yang didapat bisa digunakan dan menjadi valid.
Selain faktor performa, kami juga memperhatikan konsumsi daya, suhu, dan perlengkapan yang disediakan dari setiap produk dan menjadikannya sebagai tolak ukur penilaian kami agar bisa menentukan produk mana yang pantas menyandang produk terbaik. Dan terakhir kami menambahkan variable harga kisaran dari masing-masing produk lalu membaginya dengan skor keseluruhan dan nantinya didapatkan graphics card mana yang memiliki Overall/Price Performance Ratio terbaik. Kami tidak memasukkan lama garansi dan purna jual sebagai faktor penilaian, karena hal tersebut akan menjadi subjektif, karena itu kami akan mengembalikan faktor ini sebagai bahan pertimbangan pembaca sekalian.

Penilaian Akhir

 

Update: Pihak distributor menginformasikan bahwa untuk setiap pembelian Gigabyte GTX 660 Ti OC akan mendapatkan bonus memori Kingston KHX1600C9D3/4G (single-channel module). Masa berlaku promosi terbatas dan dapat dihentikan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Best Performer:

Gigabyte GTX 660 Ti OC, ASUS GTX 660 Ti DCU II TOP

Gigabyte GTX 660 Ti OC
ASUS GTX 660 Ti DCU II TOP
Penghargaan tambahan ini kami berikan kepada card yang memiliki performa tertinggi, tanpa memperhatikan faktor lain (termasuk harga). Apabila Anda memperhatikan chart hasil pengujian yang kami tampilkan, tentu Anda memperhatikan kedua produk ini selalu bertengger diatas dan hampir mendominasi dengan memberikan hasil skor tertinggi pada setiap pengujian. Tidak mengherankan memang jika kedua graphics card ini menjadi peserta terkencang pada tes perbandingan ini, karena memang Gigabyte dan ASUS memberikan clock dan boost clock Pre-OC paling tinggi. Namun beberapa dari Anda ada yang mempertanyakan, mengapa Gigabyte GTX 660 Ti OC mendapatkan skor yang sedikit lebih tinggi dibandingkan ASUS GTX 660 Ti DCU II TOP, padahal faktanya ASUS memiliki base dan boost clock paling tinggi? Jawabannya adalah karena boost clock pada graphics card ASUS lebih cenderung berfluktuatif pada saat kondisi full-load, menyebabkan performa yang dihasilkan tidak setinggi Gigabyte yang memiliki boost clock lebih stabil pada angka maksimumnya. Solusi dari masalah ini adalah dengan menaikkan variable power limit dengan menggunakan tools GPU Tweak dari ASUS sendiri, dan performa yang sebenarnya dari ASUS GTX 660 Ti DCU II ini dapat terlihat. Masalah tidak hanya dimiliki oleh ASUS, Gigabyte juga memiliki sedikit “PR” pada temperatur graphics card-nya. Terlihat pendingin yang digunakan Gigabyte tidak terlalu handal dalam meredam panas seperti peserta lainnya, solusi untuk  mengatasi masalah ini adalah dengan meningkatkan putaran kipas menggunakan software tweaking yang sudah disediakan Gigabyte, OC Guru.
Selain menawarkan performa terbaik di antara peserta pengujian lainnya, pihak distributor juga memberikan penawaran menarik bagi pembeli Gigabyte GTX 660 Ti OC. Pembeli akan mendapatkan paket promosi berupa memori DDR3 4GB, Kingston KHX1600C9D3/4G untuk setiap pembelian graphics card ini, selama persediaan masih ada dan dalam jangka waktu terbatas.

Best Product:

MSI GTX 660 Ti Power Edition dan Galaxy GTX 660 Ti GC

MSI GTX 660 Ti Power Edition
Galaxy GTX 660 Ti GC
Best product dalam penilaian kami adalah, faktor performa yang didapatkan ditambah dengan penilaian suhu yang akan menguji kualitas HSF yang digunakan, penilaian konsumsi daya yang akan menilai seberapa efisien graphics card dapat bekerja, dan penilaian paket penjualan yang akan menilai seberapa baikkah para peserta pengujian ini memanjakan para penggunanya dengan memberikan ekstra perlengkapan atau bonus tambahan. Karena tidak menyertakan variabel angka, penghargaan Best Product ini memang ditujukan sebagai acuan produk terbaik tanpa mempertimbangkan harganya.
MSI GTX 660 Ti Power Edition pantas menyandang gelar Best Product, dengan menawarkan graphics card yang solid menggunakan HSF TwinFrozr IV yang berkualitas sangat baik dan juga berpenampilan menarik. Graphics card dari MSI ini merupakan graphics card yang memiliki suhu kerja paling rendah baik pada kondisi full-load maupun idle, selain itu efisiensi daya (watt) yang dibutuhkan tergolong sangat efisien, bahkan dengan fakta bahwa graphics card ini menggunakan spesifikasi Pre-OC.
Galaxy GTX 660 Ti GC juga memiliki kualitas yang cukup baik seperti yang ditawarkan MSI, namun Galaxy memiliki beberapa keunikan tersendiri seperti pada konektor pin yang digunakan yaitu 8-pin+6-pin PCIE Power yang secara teoritis mampu menyuplai daya lebih baik pada kondisi tertentu (contoh: untuk overclocking). Keunikan lainnya yang dimiliki Galaxy ini adalah desain HSF-nya yang memudahkan pengguna apabila suatu saat ingin membersihkan debu yang menempel didalamnya tanpa harus repot lagi membongkarnya seperti graphics card lain. Dan terakhir Galaxy menyertakan paket penjualannya dengan sangat rapi dan juga eksklusif, walaupun hal yang sepele namun hal ini akan memberikan kesan tersendiri kepada penggunanya.

Best Value:

Zotac GTX 660 Ti

Zotac GTX 660 Ti
Penghargaan terakhir yang kami berikan adalah Best Value, penghargaan ini tidak kami berikan kepada produk yang hanya sekedar membandrol produknya dengan harga termurah, tetapi kami mengambil kembali skor keseluruhan (Overall) pada tiap-tiap produk, dan menambahkan variable terakhir dan juga terpenting yaitu harga.
Zotac GTX 660 Ti, graphics card dengan penampilan paling unik karena ukurannya yang mungil ini pantas mendapatkan gelar Best Value untuk tes perbandingan kali ini. Walaupun PixelView menawarkan harga yang lebih murah, namun produk dari Zotac ini lebih menawarkan sesuatu yang lebih secara keseluruhan. Performa yang tidak terlalu mengecewakan (Pre-OC), suhu kerja dan efisiensi daya yang tergolong baik, dan tentu saja faktor terpenting adalah harganya yang tergolong terjangkau dengan kisaran harga US$332 saja, dengan harga tersebut Anda sudah bisa membawa pulang graphics card mungil paling kencang didunia!

Penutup

Pada akhirnya, semua pilihan kami serahkan pada pembaca. Kami bisa saja memilih beberapa VGA sebagai peraih penghargaan. Akan tetapi, penilaian personal Anda akan menjadi penentu utamanya. Jadi, jangan terlalu terpaku pada penghargaan saja. Amati dan cermati paparan kami beserta semua ulasan terdahulu untuk menentukan pilihan paling pas untuk Anda.

Sekian ya teman informasi nya terimakasih :)


EmoticonEmoticon