Pengusaha muda cantik cantik, Usaha Kecil Miliyaran

for Theresia Deka Putri


Pada usianya yang masih belia, wanita ini sangat berkeinginan membawa usahanya menjadi terpandang di Indonesia. Harapan seperti Thereisa Deka Putri, 24, tentu saja menjadi keinginan siapapun yang bisnisnya tengah berkembang.

Bisakah Anda bayangkan seorang gadis belia mampu menghasilkan omzet sekitar Rp1 miliar per tahun? Reputasi itulah yang diperlihatkan Putri ketika menekuni usaha industri minuman alami kopi dan teh.

Padahal, usia usahanya masih tergolong baru, didirikan pada 2007 saat usianya masih kurang lebih 20 tahun, namun ternyata dorongan jiwa wirausaha yang dimilikinya mampu memberikan kesuksesan melalui komoditas kopi luwak lanang.

Kopi luwak saat ini memang menjadi sangat favorit bagi konsumen yang berkantong tebal. Gaya hidup yang terus berkembang menjadi salah satu pemicu keberhasilan Putri menjalankan usahanya.

Dia lalu mencari produk khusus dari setiap biji kopi yang dimakan hewan luwak, yakni biji kopi yang dikonsumsi luwak lanang. Maka, jadilah kopi luwak lanang olahan Putri menjadi kopi spesial yang belum pernah diekploitasi pengusaha kopi luwak lainnya.

Impian Putri sangat mungkin direalisasi, karena saat ini produknya telah melanglang buana ke Taiwan, Jepang maupun Korea Selatan, setelah dikenal secara luas di Indonesia.Pemasaran ke luar negeri masih dalam skala kecil.

Kondisi seperti apa yang membuat usahanya sukses, tidak lain karena kerja keras untuk memasarkan langsung komoditasnya. Dibantu sekitar 15 karyawan, UD Karya Semesta kini terus menggeliat menuju skala usaha lebih mapan. 

Beberapa penghargaan telah diterimanya seperti
• Wirausaha Muda Mandiri tahun 2012
• Pemuda Pelopor Gresik bidang kewirausahaan
• Penghargaan dari KEMENPORA
• Narasumber Kick Andy Show

Andalannya ketika memulai usaha hanya sepeda motor dan tas punggung di belakang. Dia memasarkan produk-produknya secara langsung kepada konsumen. Sasaran awalnya adalah dari warung ke warung.

Selanjutnya mengarah pada kelompok masyarakat serta instansi pemerintah maupun swasta di Gresik hingga Surabaya. Saat menawarkan produk itu ke instansi pemerintah itulah menjadi titik balik kesuksesannya.




for Riezka Rahmatiana



Menjadi seorang pewirausaha butuh perjuangan ekstra keras untuk mendapatkan kesuksesan. Riezka Rahmatiana, pemilik usaha Justmine Pisang Ijo, termasuk salah satu perempuan yang mengalami jatuh bangun dalam mencapai kesuksesannya.

Sebelum sukses, Riezka sempat mengalami kegagalan dalam berbagai bisnis seperti bisnis kafe, booth makanan, network marketing, dan membuatnya terlilit banyak utang. Dengan sisa uang yang dimilikinya, Riezka pun mendapat ide untuk menjual es pisang ijo asli Makassar pada tahun 2008.

"Bisnis ini saya mulai dengan modal Rp 150.000 yang digunakan untuk bahan baku membuat pisang ijo," ungkap Riezka, saat pembukaan Ernst &Young Entrepreneurial Winning Women 2013 di Jakarta, beberapa waktu lalu. Ia mencari resep pisang ijo yang paling cocok dengannya, termasuk belajar langsung dari pemilik restoran Makassar.

"Tantangan kembali dihadapi karena orangtua tidak setuju kalau saya jualan pisang ijo. Namun, saya tetap kekeuh mau usaha ini karena saya yakin pasti sukses," tambahnya.

Dengan kepercayaan diri dan keyakinan akan sukses, Riezka bertekad melanjutkan usahanya. Hasilnya, setelah dua bulan usahanya mulai terlihat hasilnya, dan disukai pasar. Ia pun lantas menambah varian es pisang ijonya dengan rasa cokelat, vanila, strawberry, dan durian.

Tahun 2009, Riezka sudah memiliki tiga cabang pisang ijo di kawasan Bandung. Tahun itu juga ia mulai mengubah sistem penjualan pisang ijonya menjadi sistem kemitraan. Sistem kemitraan ini dikembangkan menjadi salah satu cara pemberdayaan masyarakat sekitar untuk meningkatkan pendapatan tanpa harus repot memikirkan resep makanan dan proses pembuatannya.

Kesuksesan wirausahanya ini membuatnya meraih berbagai penghargaan seperti 
- The Young Entrepreneur Award, 
- Top 15 Franchises Best Choice, 
- Ernst & Young Entrepreneurial Wining Women 2012,

Riezka mengungkapkan untuk mendapatkan kesuksesan, Anda tidak boleh egois saat mewujudkan impian Anda.

"Setiap orang punya impian untuk punya usaha dan sukses. Namun ketika hanya memikirkan kesenangan dan ambisi pribadi, usaha Anda bisa saja hancur dan putus asa. Anda membangun usaha dengan impian untuk membahagiakan keluarga, sehingga ketika gagal Anda akan terus termotivasi untuk bangkit dan sukses," tambahnya.

Selain itu, Riezka juga berpendapat bahwa ketika menjadi wirausaha, Agan harus banyak bergaul dengan pengusaha lain yang sudah sukses.




for KESIMPULAN:



Berikut kesimpulan yang ane rangkum dari kisah 7 pengusaha muda diatas gan
1. Jangan pernah takut memulai bisnis sedari muda sekalipun. 7 anak muda diatas telah membuktikan bahwa usia bukanlah penghalang dalam berbisnis dan bisa sukses.

2. Berusaha mandiri secara finansial dan jangan takut untuk bertanggung jawab atas diri kita sendiri. Jangan mau hidup bergantung sama orang lain terus.

3. Berani mengambil resiko dalam bisnis, karena resiko yang akan membawa kita pada kesuksesan. Harus siap menerima tantangan dan masalah masalah dalam bisnis

4. Berkumpul dengan para pengusaha sukses apabila mau menjadi pengusaha sukses. Kalau sering ketemu pengusaha sukses, otomatis kita bakal ketularan sukses seperti mereka juga.

5. Memiliki impian dan visi yang besar ke depan. Harus punya tujuan dalam bisnis kira kira 1 tahun ke depan, 2 tahun ke depan mau seperti apa bisnisnya nanti.

6. Jangan gengsi memulai segala sesuatunya dari kecil sekalipun. Namun kita harus gengsi apabila hidup kita masih terus bergantung sama orang tua.

7. Jangan kapok dengan bangkrut, gagal, penipuan dalam bisnis. Karena semua pengusaha sukses pernah mengalaminya gan. Jadi kalau bangkrut ya harus dihadapi dan dijalani. Dari bangkrut kita bisa belajar banyak hal.


EmoticonEmoticon