for Theresia Deka Putri

Pada usianya yang masih belia, wanita ini sangat berkeinginan membawa
usahanya menjadi terpandang di Indonesia. Harapan seperti Thereisa Deka
Putri, 24, tentu saja menjadi keinginan siapapun yang bisnisnya tengah
berkembang.
Bisakah Anda bayangkan seorang gadis belia mampu menghasilkan omzet
sekitar Rp1 miliar per tahun? Reputasi itulah yang diperlihatkan Putri
ketika menekuni usaha industri minuman alami kopi dan teh.
Padahal, usia usahanya masih tergolong baru, didirikan pada 2007 saat
usianya masih kurang lebih 20 tahun, namun ternyata dorongan jiwa
wirausaha yang dimilikinya mampu memberikan kesuksesan melalui komoditas
kopi luwak lanang.
Kopi luwak saat ini memang menjadi sangat favorit bagi konsumen yang
berkantong tebal. Gaya hidup yang terus berkembang menjadi salah satu
pemicu keberhasilan Putri menjalankan usahanya.
Dia lalu mencari produk khusus dari setiap biji kopi yang dimakan hewan
luwak, yakni biji kopi yang dikonsumsi luwak lanang. Maka, jadilah kopi
luwak lanang olahan Putri menjadi kopi spesial yang belum pernah
diekploitasi pengusaha kopi luwak lainnya.
Impian Putri sangat mungkin direalisasi, karena saat ini produknya telah
melanglang buana ke Taiwan, Jepang maupun Korea Selatan, setelah
dikenal secara luas di Indonesia.Pemasaran ke luar negeri masih dalam
skala kecil.
Kondisi seperti apa yang membuat usahanya sukses, tidak lain karena
kerja keras untuk memasarkan langsung komoditasnya. Dibantu sekitar 15
karyawan, UD Karya Semesta kini terus menggeliat menuju skala usaha
lebih mapan.
Beberapa penghargaan telah diterimanya seperti
• Wirausaha Muda Mandiri tahun 2012
• Pemuda Pelopor Gresik bidang kewirausahaan
• Penghargaan dari KEMENPORA
• Narasumber Kick Andy Show
Andalannya ketika memulai usaha hanya sepeda motor dan tas punggung di
belakang. Dia memasarkan produk-produknya secara langsung kepada
konsumen. Sasaran awalnya adalah dari warung ke warung.
Selanjutnya mengarah pada kelompok masyarakat serta instansi pemerintah
maupun swasta di Gresik hingga Surabaya. Saat menawarkan produk itu ke
instansi pemerintah itulah menjadi titik balik kesuksesannya.

for Riezka Rahmatiana

Menjadi seorang pewirausaha butuh perjuangan ekstra keras untuk
mendapatkan kesuksesan. Riezka Rahmatiana, pemilik usaha Justmine Pisang
Ijo, termasuk salah satu perempuan yang mengalami jatuh bangun dalam
mencapai kesuksesannya.
Sebelum sukses, Riezka sempat mengalami kegagalan dalam berbagai bisnis
seperti bisnis kafe, booth makanan, network marketing, dan membuatnya
terlilit banyak utang. Dengan sisa uang yang dimilikinya, Riezka pun
mendapat ide untuk menjual es pisang ijo asli Makassar pada tahun 2008.
"Bisnis ini saya mulai dengan modal Rp 150.000 yang digunakan untuk
bahan baku membuat pisang ijo," ungkap Riezka, saat pembukaan Ernst
&Young Entrepreneurial Winning Women 2013 di Jakarta, beberapa waktu
lalu. Ia mencari resep pisang ijo yang paling cocok dengannya, termasuk
belajar langsung dari pemilik restoran Makassar.
"Tantangan kembali dihadapi karena orangtua tidak setuju kalau saya
jualan pisang ijo. Namun, saya tetap kekeuh mau usaha ini karena saya
yakin pasti sukses," tambahnya.
Dengan kepercayaan diri dan keyakinan akan sukses, Riezka bertekad
melanjutkan usahanya. Hasilnya, setelah dua bulan usahanya mulai
terlihat hasilnya, dan disukai pasar. Ia pun lantas menambah varian es
pisang ijonya dengan rasa cokelat, vanila, strawberry, dan durian.
Tahun 2009, Riezka sudah memiliki tiga cabang pisang ijo di kawasan
Bandung. Tahun itu juga ia mulai mengubah sistem penjualan pisang ijonya
menjadi sistem kemitraan. Sistem kemitraan ini dikembangkan menjadi
salah satu cara pemberdayaan masyarakat sekitar untuk meningkatkan
pendapatan tanpa harus repot memikirkan resep makanan dan proses
pembuatannya.
Kesuksesan wirausahanya ini membuatnya meraih berbagai penghargaan seperti
- The Young Entrepreneur Award,
- Top 15 Franchises Best Choice,
- Ernst & Young Entrepreneurial Wining Women 2012,
Riezka mengungkapkan untuk mendapatkan kesuksesan, Anda tidak boleh egois saat mewujudkan impian Anda.
"Setiap orang punya impian untuk punya usaha dan sukses. Namun ketika
hanya memikirkan kesenangan dan ambisi pribadi, usaha Anda bisa saja
hancur dan putus asa. Anda membangun usaha dengan impian untuk
membahagiakan keluarga, sehingga ketika gagal Anda akan terus
termotivasi untuk bangkit dan sukses," tambahnya.
Selain itu, Riezka juga berpendapat bahwa ketika menjadi wirausaha, Agan
harus banyak bergaul dengan pengusaha lain yang sudah sukses.

for KESIMPULAN:
Berikut kesimpulan yang ane rangkum dari kisah 7 pengusaha muda diatas gan
1. Jangan pernah takut memulai bisnis sedari muda sekalipun. 7 anak muda
diatas telah membuktikan bahwa usia bukanlah penghalang dalam berbisnis
dan bisa sukses.
2. Berusaha mandiri secara finansial dan jangan takut untuk bertanggung
jawab atas diri kita sendiri. Jangan mau hidup bergantung sama orang
lain terus.
3. Berani mengambil resiko dalam bisnis, karena resiko yang akan membawa
kita pada kesuksesan. Harus siap menerima tantangan dan masalah masalah
dalam bisnis
4. Berkumpul dengan para pengusaha sukses apabila mau menjadi pengusaha
sukses. Kalau sering ketemu pengusaha sukses, otomatis kita bakal
ketularan sukses seperti mereka juga.
5. Memiliki impian dan visi yang besar ke depan. Harus punya tujuan
dalam bisnis kira kira 1 tahun ke depan, 2 tahun ke depan mau seperti
apa bisnisnya nanti.
6. Jangan gengsi memulai segala sesuatunya dari kecil sekalipun. Namun
kita harus gengsi apabila hidup kita masih terus bergantung sama orang
tua.
7. Jangan kapok dengan bangkrut, gagal, penipuan dalam bisnis. Karena
semua pengusaha sukses pernah mengalaminya gan. Jadi kalau bangkrut ya
harus dihadapi dan dijalani. Dari bangkrut kita bisa belajar banyak hal.
EmoticonEmoticon