Cara Flash Ulang Asus Zenfone C ZC451CG/Z007

Cara Flash Ulang Asus Zenfone C ZC451CG/Z007 - Zenfone C merupakan smartphone model terbaru besutan produsen ASUS yang menjadi penerus seri Zenfone 4 yang diluncurkan pada bulan Januari 2015. Zenfone C di bandrol dengan harga ekonomis namun memiliki spesifikasi yang mumpuni di kelasnya. Zenfone C diusung dengan prosesor Intel Atom Z2520, Dual-core 1,2 Ghz dan di padukan dengan GPU PoweVR SGX544MP2. Selain itu, Zenfone C memiliki dua versi memory RAM 1 GB dan 2 GB. 

Baiklah kembali ke topik, pada artikel ini saya tidak akan membahas mengenai harga dan spesifikasi Zenfone C ini, melainkan akan memberikan cara untuk mem-flashing ulang Zenfone C. Flash ulang perlu kalian lakukan ketika smartphone kalian bootlop karena kesalahan edit file system atau telah terserang virus monkey test yang baru-baru ini merajalela.

Untuk flash ulang Zenfone C kita akan menggunakan ASUS Flash Tool yang bisa kalian unduh melalui link di bawah. Kebetulan saya baru saja mencoba mem-flash ulang Zenfone C milik saya sendiri karena terserang virus monkey test yang membuat Android menjadi lambat.

Cara Flash Ulang Zenfone C Dengan Flash Tool :

Bahan-Bahan :
  • Komputer atau Laptop
    1. Intel USB Driver (Unduh melalui link ini)
    2. ASUS Flash Tool v1.0.0.11 (Unduh melalui link ini)
    3. ASUS Zenfone C Stock ROM (969MB) (Unduh melalui link ini)
    Jika semua bahan sudah kalian unduh, sebaiknya kalian simpan dalam satu folder. Kemudian hal yang pertama harus kalian lakukan adalah menginstall Intel USB Driver pada laptop atau komputer kalian, agar Zenfone C kalian dapat terdeteksi oleh komputer. Untuk cara installasi driver-nya berbeda-beda tergantung pada versi Windows yang kalian gunakan. Baiklah saya anggap kalian sudah menginstall USB Driver di Komputer atau laptop kalian.

    Langkah-langkah : 
    • Setelah Intel USB Driver terinstall, selanjuntya install Asus Flash Tool yang telah kalian download.

    • Matikan Zenfone C kemudian masuk ke Mode FastBoot. Caranya tekan tombol Power + Volume UP (+) secara bersamaan hingga kalian masuk ke mode FastBoot.


    • Jika sudah, hubungkan Zenfone C kalian ke kompuer dengan kabel USB. Sekarang silahkan cek pada Device Manager komputer kalian, jika driver USB sudah terinstall maka akan terbaca "ASUS Android Composite ADB Interface".
    • Jalankan ASUS Flash Tool maka serial number Zenfone C kalian akan terdeteksi ditambah dengan bulatan berwarna biru di sampingnya.

    • Selanjutnya pilih "Model:" Zenfone C kodenya ZC451CG. Pada "Wipe data:" terserah anda ingin pilih Yes atau No. Jika kalian pilih Yes berarti semua data pada smartphone kalian akan hilang.
    • Kemudian klik pada icon kotak berwarna coklat lalu cari file ASUS Zenfone C Stock ROM yang kalian unduh tadi.


    • Untuk memulai flashing klik pada tombol "Start" yang berwarna hijau.
    • Tunggu higga prosses flash selesai. Pada saat proses bulatan berwarna biru akan berubah menjadi kuning. Jika sudah selesai, bulatan yang berwarna biru akan berubah menjadi warna hijau.
    • Setelah flash berhasil, maka Zenfone C kalian akan reboot secara otomatis.
    • Selesai.


    Setelah selesai, kalian bisa langsung mencabut kabel USB pada komputer kalian. Sekarang Asus Zenfone C kalian sudah kembali seperti baru layaknya baru keluar dari toko. 


    EmoticonEmoticon