Cara Mudah Flashing/Instal Firmware HP Asus Zenfone 5 Lengkap, Reset Instal Firmware HP Asus Zenfone 5 Lengkap


Assalamu'alaikum, Wr, Wb.


Baiklah Shobat kali ini saya akan menjelaskan Tutorial Cara Flashing/Install Firmware Asus Zenfone 5 dengan ADB - Jika berapa waktu yang lalu saya memberikan post tentang Cara Rooting Zenfone 5 Versi Kitkat dan jellybean maka untuk kali ini saya akan membagikan mengenai cara mudah Flashing Instal Rom Firmware bawaan Zenfone 5 dengan mudah dan lengkap tentunya di lakukan dengan menggunakan bantuan PC, tentu kalian tahu kan apa tu PC / Komputer karena di dukung dengan software ADB Flash Tools dimana saat melakukan perintah flashing agar bekerja dengan baik.

Untuk proses pendukung Flashing Zenfone 5 ini tentu membutuhkan tools dan software khusus seperti File Firmware, sebuah PC dan satubuah software untuk menginstall File Firmware kedalam perangkat Zenfone 5 itu sendiri. File firmware atau sering juga di sebut Stock ROM ini merupakan hal yang cukup penting bagi para pengguna smartphone karena sebagai cadangan Software(isi aplikasi hp) yang ada pada setiap Smartphone Android yang terdapat seperti Aplikasi, menu Drawer dan menu menu lainnya yang tentu akan sangat berguna demi kesempurnaan setiap Handphone Android.


Baiklah untuk Proses Flashing Firmware pada tiap Android sering terjadi karena memang banyaknya hal error atau gagal seperti dalam membongkar aplikasi, rusaknya Aplikasi bawaan dan juga Gagal pasang ROM Custom serta terjadinya Error Bootloop yang terdapat pada tiap android zenfone 5 ini. Nah untuk mengembalikan Zenfone 5 Kitkat Jellybean ini kedalam keadaan seperti baru atau normal kembali tentunya kita harus melakukan Flash atau Install Firmware cara ini pun banyak berguna untuk memperbaiki masalah lain karena sama hal nya seperti Cara install ulang PC baik dengan OS Windows/Linux. Dan untuk Mengatasi Asus Zenfone 5 yang Bootloop tentu dapat kalian lakukan dengan Cara tersebut.

Dan berikut ini untuk kalian yang ingin coba Cara Flashing Install Asus Zenfone 5 KK/JB yang Bootloop atau Gagal instal Stock Rom kalian bisa simak langkahnya secara terliti dibawah ini :

Bahan-bahan dan Perlengkapan yang di butuhkan FLASH Firmware ROM Asus Zenfone 5:

1. Siapkan file Download Intel USB Driver for Android, Untuk itu kalian diharuskan register pada situs tersebut.

2. Berikut juga ada Download ADB Fastboot tool untuk asus Zenfone 5.

3. Dan yang penting juga kalian bisa Download File Firmware/Stock ROM Zenfone 5 all Series,Untuk cara download Firmware Zenfone 5 kalian bisa lakukan Cara : Pilih tab "driver and tools" , pilih OS "Android" dan lihat pada menu dropdown yang disediakan kalian bisa pilih firmware yang sesuai dengan Ponsel Asus Zenfone 5 kalian Contoh seperti halnyal Firmware Asus Zenfone 5 WW, TW, CN atau CHT. (Dan Untuk Cara Cek Firmware Zenfone 5 kalian tentu dapat masuk pada Setting, About, Software Information, dan Pilih Build Number.
4. Untuk kelengkapan karena dengan PC kalian bisa Siapkan Kabel Data Zenfone.

Tutorial Flashing/Install Firmware Asus Zenfone 5 Versi WW/TW/CN/CHT dengan ADB PC: 

1.  Langkah Awal kalian bisa Matikan Ponsel Zenfone 5 kalian

2. Dan Masuklah pada Mode "Zenfone Fastboot Mode", dengan Cara kalian bisa Tekan Tombol Power dan Volume Up(+) secara bersamaan

3. Selanjutnya Jika sudah masuk ke Fastboot, kalian dapat memilih menu "recovery". (Gunakan Volume up + dan Volume down - dan Untuk memilih "YES" gunakan Power).

4. Jika kalian sudah pilih "recovery",  lalu pada gambar robot android dengan tulisan "No Command". Selanjutnya kalian masuk pada mode Android System Recovery. Caranya: Tekann dan tahan Volume bawah(-) setelah itu lalu tekan volume up(+) dan melepas tombol volume up saja (Tombol volume down tetap ditahan).

5. Tahap ini Jika berhasil masuk pada mode "Android System Recovery" disana akan ada beberapa ospi recovery(seperti reboot system now, apply update from adb , wipe cache ,dan lain-lain.

6. Jika sudah kalian bisa sambungkan Zenfone 5 ke PC menggunakan kabel DATA. dengan syarat File Driver intel harus sudah terpasang dikomputer kalian.

7. Jika sudah Pilih apply update from adb pada Android System Recovery.

8. Jika berhasil maka terhubung maka akan tampil notifikasi pada PC bahwa ADB telah terhubung. 
Jika sudah kalian ekstrak file ADB Fastboot tool yang telah didownload sebelumnya dengan Winrar atau semacamnya.

9. Tahap ini Buka Command Prompt(CMD) di Windows selanjutnya masuk pada folder ADB Fastboot Tool berada. Untuk itu caranya anda bisa gunakan perintah
cd[spasi]nama_folder_ADB_kalian

10. Jika Command Prompt berada pada folder ADB Fastboot tool, lalu ketikkan perintah
adb[spasi]devices

11. Nah disini Jika zenfone 5 kalian benar-benar terhubung pada PC melalui ADB, maka disana akan muncul list dari perangkat kalian pada Command Prompt. Nama dari perangkat/device yang terhubung berupa kumpulan angka.

12. Buka file firmware yang sudah di download lalu Di dalam file firmware yang bereksetensi zip tersebut ternyata terdapat file zip lagi (Zip didalam zip). Dan kalian pun bisa lakukan Extract file zip yang terdapat di dalam file zip firmware dan letakkan pada folder ADB Fastboot yang sudah berjalan. Dalam Contoh firmware bernama : UL-ASUS_T00F-WW-1_15_40_35.zip" dan didalam file disana terdapat file "UL-ASUS_T00F-WW-1.15.40.35-user.zip". Hanya berbeda akhiran yang terdapat kata "user".

13. Dan selanjutnya pada Command Prompt lagi kalian ketikan perintah.

adb[spasi]sideload[spasi]nama_file_firmware

14. Dan pada Command Prompt maka kan muncul proses upload firmware dari PC ke Zenfone, kalian bisa menunggu hingga 100%.

15. Terakhir Jika Upload selesai, maka perhatikan Zenfone 5 kalian, disana akan terdapat proses instalasi firmware. Jika instalasi telah berhasil dan tidak terdapat error, maka kalian akan dihadapkan pada "Android System Recovery". Setelah itu pilih menu "Reboot System Now".

16. Nah Setelah reboot selesai maka tunggu hingga nyala maka zenfone 5 kalian akan kembali pada keadaan layaknya Baru. 


Oke.....Itulah tips dan tutorial mengenai cara Install Ulang Hp Asus Zenfone 5 agar kembali seperti keadaan semula, selamat mencoba ya teman-teman semua semoga ulasan Cara Mudah Flashing/Instal Firmware HP Asus Zenfone 5 Lengkap ini selalu berguna untuk kalian semua.

Wassalamu'alaikum, Wr, Wb.


EmoticonEmoticon