Cara Install Update iOS 9 di iPhone, iPad atau iPod Touch


Update : Apple telah memberhentikan peredaran iOS 9. Jadi, mulai sekarang kalian tidak bisa menginstall ke iOS 9.

Akhirnya, iOS 9 udah dirilis juga ya sama Apple. So far, iOS 9 ini sudah cukup baiklah. Untuk fitur-fitur seperti Multitasking, Proactive "Siri", Passcode 6 Digit, Transit Maps, dan lain-lainnya sudah bisa digunakan di perangkat iOS setelah kalian upgrade ke iOS 9. Hanya saja beberapa pengguna ada yang menemukan bug di iOS 9 ini, contohnya Control Center yang masih kurang smooth (rada lag), sebenernya sih udah dari iOS 8 tapi di iOS 9 bug tersebut masih muncul.


Artikel Terkait Mengenai iOS 9
  • 6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Upgrade ke iOS 9
  • Mengenal Aplikasi News terbaru di iOS 9
  • Fitur Terbaru dari Menu Settings di iOS 9
  • Apple Hadirkan Passcode 6 Digit di iOS 9
  • 5 Fitur Terbaru dari Aplikasi Foto di iOS 9
  • 10 Fitur Terbaik dari iOS 9

Sekarang kalian dapat update ke iOS 9. Karena jailbreak sudah tersedia baca tutorial Jailbreak iOS 9 di Cara Jailbreak iOS 9 Menggunakan Pangu

Berikut adalah panduan untuk upgrade iPhone, iPad atau iPod Touch ke iOS 9.

Persiapan
  • Biasakan sebelum upgrade ke iOS terbaru, selalu cek kompatibilitas apakah versi iOS terbaru ini cocok atau tidak. Berikut adalah daftar perangkat iOS yang dapat menggunakan iOS 9.
  • iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S Plus, iPhone 6S
  • iPad Pro, iPad Air 2, iPad mini 3, iPad mini 4, iPad 2, iPad (third-generation), iPad (fourth-generation), iPad Air, iPad mini, iPad mini with Retina display
  • 5th generation iPod Touch, 6th generation iPod Touch
  • Ini paling penting! Biasakan untuk tidak melupakan proses backup perangkat iOS kalian sebelum upgrade ke iOS terbaru (iOS 9). Ada dua metode backup yang dapat kalian lakukan via iCloud atau iTunes. Sama saja kok keduanya, tapi saya lebih menyarankan untuk backup data nya via iTunes saja.
  • Panduan Backupnya bisa diliat di Cara Backup Menggunakan iCloud atau Cara Backup Menggunakan iTunes.
  • Apabila kalian berencana untuk upgrade ke iOS 9 menggunakan iTunes atau bisa dibilang manual.
  • Jika kalian upgrade ke iOS 9 secara manual, maka kalian perlu mengupdate versi iTunes. Hal tersebut dikarenakan untuk mencegah masalah yang akan timbul saat upgrade ke iOS 9 ini. Sampai saat ini versi yang terbaru adalah 12.3. Kalian dapat download terlebih dahulu versi iTunes terbaru ini di Website Resmi Apple, Filehippo atau ipsw.me.
  • Terakhir, matikan fitur Find My iPhone/iPad jika aktif. Caranya : Settings > iCloud. Lalu swipe tombol dari Find My iPhone (Sampai berwarna abu-abu).

Kondisi iOS 9 Sekarang
1. Status Jailbreak : Tersedia
2. Masih bisa downgrade ga min? Tidak bisa.

Proses Upgrade iOS 9

Ada dua metode yang dapat kalian pilih untuk menginstall update dari iOS 9 yaitu via OTA atau iTunes.
A. Cara Update iOS 9 via OTA
Metode yang satu ini terbilang cukup mudah ya, kenapa? Kalian tidak memerlukan iTunes, iCloud atau tools tambahan lainnya (iFunBox atau iExplore untuk perangkat iOS Jailbreak). Tapi, saya sendiri lebih menyarankan update ke iOS 9 menggunakan iTunes. Kenapa min? Iya karena update via iTunes itu sama aja kayak fresh install gitu, kalo via OTA ada kemungkinan crash tapi jarang sih. Yang mau coba update via OTA ini bisa lakukan langkah di bawah ini.

Catatan : Perangkat iOS Jailbreak tidak dapat menggunakan metode update ini!
1. Buka Menu Settings. Pilih General.
2. Kemudian pilih Software Update. Tap pada tombol "Download".
Setelah menekan tombol Download, iPhone, iPad atau iPod Touch kalian akan melakukan download firmware iOS terlebih dahulu diikuti dengan instalasi di bagian akhirnya. Jadi, pastikan koneksi internet kalian gunakan stabil dan cukup cepat ya. Oh iya, ketika proses update via OTA ini berlangsung jangan menaruh perangkat iOS kalian di bahan lembut ya karena bakal panas banget, saran mimin sih taro di meja aja.

B. Cara Update iOS 9 via iTunes
Nah metode kedua ini cukup banyak step-stepnya. Tapi ini lebih saya sarankan dan tingkat kesuksesan untuk ke depannya cukup tinggi (Halah min). Pertama-tama kalian harus udah install update iTunes dulu ya. Kalo belum silahkan downlad di link yang saya sudah sediakan di atas. Udah siap?
Catatan : Metode ini dapat digunakan untuk perangkat iOS yang sudah/belum jailbreak!
1. Download firmware iOSnya terlebih dahulu ya. Silahkan kalian pilih firmware di bawah ini berdasarkan perangkat iOS yang kalian gunakan sekarang. Jika masih bingung kalian bisa baca panduan yang dapat membantu kalian untuk memilih firmware iOS mana yang cocok untuk perangkat iOS kalian.

Wassalamu'alaikum, Wr, Wb.


EmoticonEmoticon